Rayakan Hari Bumi dan HUT Pasmar-1 melalui Pengamatan Burung di Surabaya

IMG-20160419-WA0006

Burung Nusantara, Surabaya – Menyambut hari Bumi yang jatuh pada 22 April dan Hut Pasmar -1 ke 15, Anggota Pasukan Khusus Batalyon Intai Amfibi-1 (Taifib-1) bersama Bird Consultan, Surabaya melakukan pemantauan burung di Sungai Avour Wonorejo pada Senin lalu (19/4).

Wonorejo merupakan salah satu lokasi yang banyak digunakan untuk burung air dan burung pantai mencari makan maupun istrahat saat musim migrasi. Ribuan burung yang berada di lokasi ini menjadikan lokasi ini menjadi salah satu dalam jalur terbang Asia Timur-Australasia (East Asian Australasian Flyway)

Pengamat burung dari Bird Consultan, Iwan Febrianto yang telah sering melakukan penelitian di lokasi ini mengungkapkan pentingnya Wonorejo yang letaknya sangat dekat dengan pesisir timur Surabaya dengan habitat yang berupa mangrove, memberikan tempat yang aman dan menyediakan banyak makanan untuk burung air dan burung pantai.

“Kegiatan ini sangat penting dilakukan, bersama pemerintah kita mempromosikan pentingnya menjaga ekosistem pesisir dan isinya”, kata Iwan dalam keterangannya.

Selama kegiatan, para anggota marinir mengamati beberapa jenis burung air dan burung pantai, antara lain jenis Kuntul besar Egretta alba, Kuntul kecil Egretta garzetta, Dara-laut sayap- putih Chlidonias leucopterus, Kokoan laut Butorides striatus, Kowak- malam kelabu Nycticorax nycticorax, dan Gajahan Pengala Numenius phaeopus. (FNT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *